34

God gave us the gift of life; it is up to us to give ourselves the gift of living well – Voltaire

Saya teringat dengan kalimat di atas ketika hendak menulis ini. Tak hanya karena bertambah satu lagi usia saya, tapi ada banyak peristiwa yang membuat saya kembali merenungkan perjalanan hidup saya selama 34 tahun ini.

Mulai dari kelahiran keponakan perempuan saya, peristiwa pengeboman di Surabaya, hingga kematian anak perempuan teman saya.

Seakan mengingatkan saya untuk semakin bersyukur atas hembusan napas dari paru-paru dan jantung yang masih berdegup. Bersyukur juga atas rasa sayang yang diberikan oleh orang-orang terdekat saya. Tetap tersadar ketika limbung dan tetap berterima kasih ketika diberikan rejeki.

Kita diberikan kehidupan untuk menciptakan sesuatu yang baik. Bahkan jika mampu, membagikan kebahagiaan kepada orang-orang di sekeliling kita. Memberi makna atas hidup yang dianugerahkan kepada kita. Menikmati semua yang diberikan kepada kita. Walau kadang kita tak pernah puas dengan yang kita miliki.

Di titik tertentu, jujur kadang saya ingin berhenti. Tapi saya selalu teringat jika masih ada yang harus saya bahagiakan hidupnya. Saya tidak ingin meninggalkan kesedihan. Cukup saya simpan dalam diri saya saja.

Lalu bahagiakah saya?

Sejauh ini, saya bahagia dengan apa yang saya miliki. Khususnya dengan hadirnya ibu saya. Kakak saya dan keponakan-keponakan saya.

Walau saya selalu merasa, saya tidak punya masa depan yang menjanjikan untuk seseorang. Bahkan rasanya tak secerah yang pernah saya bayangkan dulu. Mungkin hanya sebagian kecil yang tahu. Tapi saya ingin mengatakan kalau saya ingin menikmati apa yang bisa saya miliki sekarang. Saya ingin tetap tertawa lepas. Lari dan lompat ke sana-sini. Menikmati setiap jengkal langkah saya, walau harus sendiri.

34, bukan anak muda lagi, tapi bukan juga setua yang dibayangkan.

Saya hanya berharap tetap diberikan kesehatan yang baik, supaya saya masih bisa melihat orang-orang yang saya sayangi tersenyum bahagia. Terima kasih telah menjadikan saya 34. Terima kasih.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s